Mengenal Registry Editor (Regedit)

Nah mungkin diantara teman-teman sudah pernah mendengar apa itu Registry Editor (Regedit) dan juga sudah mengerti tentang Registry Editor (Regedit), atau malah ada yang belum tahu atau mengerti. Bagi yang belum mengerti tentang Registry Editor (Regedit) tenang saja, saya akan mencoba Mengenalkan Registry Editor (Regedit) kepada kalian lebih dalam. Silahkan disimak.....!!!
Registry Editor (Regedit) adalah pusat database untuk menyimpan setting dan option untuk sistem operasi Microsoft Windows. Registry Editor (Regedit) berisi seputar hardware, software, user, dan preference pada sebuah  komputer. Setiap kali user melakukan perubahan pengturan pada control panel, system pilicies, file associations, add or remove software, penggantian hardware, dll, maka perubahan tersebut akan disimpan dalam Registry Editor (Regedit).

Dalam Registry Editor (regedit) terbagi atas beberapa susunan, yaitu:
  1. Root Key : adalah cabang utama/nama kunci utama pada regedit. Di dalamnya terdapat key, subkey, dan data, seperti :
    • HKEY_CLASSES_ROOT (HKCR) : Cabang ini berisi pemetaan dari semua file assosiasi anda, yang digunakan untuk mensupport fitur drad and drop, informasi OLE, shortcut window, dan aspek inti dari user interface windows.
    • HKEY_LOCAL_MACHINE (HKLM) : Cabang ini berisi seputar informasi spesifik dari komputer, misalnya tipe dan seri hardware, software, preferences yang lain. Informasi ini digunakan untuk semua user yang log in pada komputer tersebut.
    • HKEY_USERS (HKU) : Cabang ini berisi individual preferences untuk tiap user pada komputer tersebut, tiap user direpresentasikan dengan sub-key SID yang terletak di bawah cabang utama.
    • HKEY_CURRENT_USER (HKCU) : Cabang ini nge-link dengan HKEY_USERS (HKU) yang sedang log in pad komputer dan berisi informasi, seperti nama log in, setting desktop, dan setting start menu.
    • HKEY_CURRENT_CONFIG (HKCC) : Cabang ini nge-link dengan HKEY_LOCAL_MACHINE (HLCM). Untuk user yang memanfaatkan feature plug & play, bagian ini bersifat dinamis dan akan berganti seiring dengan ditambahkannya atau dicopotnya suatu device pada system.
  2. Key : Nama kunci yang statusnya di bawah Root Key.
  3. Subkey : Nama kunci yang statusnya di bawah Key.
  4. Data : Nilai yang berfungsi sebagai pengaturan yang ada dalam Key maupun Subkey, seperti :
    • Data Name
    • Data Type
    • Data Value
  5. Path Value :  Alamat lengkap Key pada Registry Editor (Regedit).

Penyimpanan tiap value dari Registry Editor (Regedit) dilakukan dalam salah satu tipe data berikut ini :
  • REG_BINARY : Tipe ini menyimpan nilai dalam bentuk raw binary data. Kebanyakan informasi komponen hardware disimpan dalam bentuk data biner, dan dapat ditampilkan pada editor dalam format hexadecimal.
  • REG_DWORD : Tipe ini merepresentasikan data dengan format 4 byte angka dan biasa digunakan untuk nilai boolean, contohnya "0" sebagai "disable", dan "1" sebagai "enable". Sebagai tambahan, banyak parameter dari device driver dan service yang menggunakan tipe data ini, dan dapat ditampilkan pada REGEDIT32 dalam bentuk biner, hexadecimal dan decimal, atau pada REGEDIT dalam bentuk hexadecimal dan decimal.
  • REG_EXPAND_SZ : Tipe data ini adalah string yang dapat diperluas, yaitu string yang berisi variabel yang dapat digantikan ketika dipanggil oleh aplikasi,contohnya untuk nilai string "%SystemRoot%" akan digantikan oleh lokasi sebenarnya dari direktori yang berisi sistem file Windows NT (tipe data ini hanya tersedia dengan menggunakan advance registry editor (regedit) seperti REGEDIT32).
  • REG_MULTI_SZ : Tipe ini adalah miltiple string yang digunakan untuk merepresentasikan nilai yang berisi list/daftar atau nilai kelipatan (multiple value), tiap masukan dipisahkan oleh karakter NULL (tipe data yang hanya tersedia dengan menggunakan advance registry editor (regedit) seperti (REGEDIT32).
  • REG_SZ : Tipe data ini adalah string standar yang digunakan untuk merepresentasikan nilai text yang dapat dibaca oleh manusia.
Nah itulah tadi artikel tentang Registry Editor (Regedit), semoga artikel ini dapat berguna untuk kalian semua. Terima kasih sebelumnya telah berkunjung kesini. Salam blogger dari mas REG...!!!
Share 'Mengenal Registry Editor (Regedit)' On ...

1 Komentar untuk "Mengenal Registry Editor (Regedit)"

  1. Heheheh ane kagak pernah gunain regedit, takut ada kesalahan dan malah komputer aku tidak bisa bekerja dengan baik dan benar. :D

    ReplyDelete

Help me from your comments. Give a building comments. If you like this blog please join or follow this blog and I will follow you back. Confirm me if you have success to followe on my facebook profile. To see my facebook profile you can see in "About Me"
Do not leave your comment about your url blog. It will be detect as spam.

Thank you for your visit.