Meminimalisir Bad Sector

Akhirnya setelah sekian lama vakum dari kegiatan blogging, mas reg bisa kembali lagi nih. Ok kali ini saya akan berbagi sedikit tips dan trik tentang Cara Meminimalisir Bad Sector pada hardisk. Nah kawan kalian sudah tau kan apa itu bad sector dan apa akibatnya? kalo belom tahu baca artikel tentang bad sector di sini. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya bad sector pada hardisk :
  1. Defrag hardisk
    Mendefrag hardisk perlu dilakukan kira-kira satu bulan sekali atau ketika ada pesan dari sistem untuk melakukan defrag pada hardisk. Nah fungsi defrag ini untuk menata file pada hardisk. File yang tidak tersusun rapi pada hardisk dapat menyebabkan bad sector pada hardisk. Sebagai contoh jika anda ingin menjalankan sebuah aplikasi atau program yang letak filenya terpencar di berbagai sector pada hardisk, maka head akan berpindah-pindah dalam membaca filenya. Nah kegiatan ini dapat menggores platters pada hardisk dan terjadilah bad sector. Untuk mendefrag hardisk dapat dilakukan dengan tool yang ada dalam OS atau gunakan utility seperti AVG PC Tune Up atau yang lain.
  2. Back Up Data
    Jika Bad Sector sudah merajalela di hardisk anda, sabaiknya back up data yang ada di hardisk sebelum hilang karena Bad Sector.
  3. Gunakan UPS (uninterruptible power suplay)
    Nah kalau listrik di rumah kalian sering mati secara tiba-tiba karena watt rumah kurang besar atau karena kesalahan PLN, hal ini menyebabakan head berhenti secara tba-tiba sehingga dapat menggores platters dan mengakibatkan terjadinya bad sector. Untuk mengatasi hal ini kalian bisa menggunakan UPS untuk mengantisipasi bad sector karena hal ini.
Nah itulah tadi artikel tentang Meminimalisir Bad Sector, semoga artikel ini dapat berguna untuk sahabat blogger. salam blogger dari mas reg...!!!
Share 'Meminimalisir Bad Sector' On ...

4 komentar untuk "Meminimalisir Bad Sector"

  1. artikelnya bagus-bagus gan.. terus posting yang bermanfaat.. thanks info meminimalisir bad sectornya.

    ReplyDelete
  2. UPS itu apaan sie? Ane masih bingung.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. UPS (Uninterruptible Power System) adl perangkat utk menyimpan daya listrik, jd jika arus listrik dr PLN mati maka scr otomatis komputer akan menggunakan daya dr UPS.

      Delete

Help me from your comments. Give a building comments. If you like this blog please join or follow this blog and I will follow you back. Confirm me if you have success to followe on my facebook profile. To see my facebook profile you can see in "About Me"
Do not leave your comment about your url blog. It will be detect as spam.

Thank you for your visit.